Rabu, 02 Maret 2011

LAPTOP TOSHIBA SATELLITE L640 TIDAK BISA MASUK KE BIOS

Siang ini sepupuku "Anto Papua" nelpon, katanya Laptop Toshiba Satellite L640 tidak bisa masuk bios.  Lalu dengan penuh percaya diri (maklum biasanya memang begitu) kuinstruksikan untuk menekan tombol F2 saat hendak menghidupkan laptopnya (biasanya memang seperti itu, untuk masuk ke bios kita harus menekan tombol F2).  "Aaaaaahhh... ini saya so tekan tombol dari F1 sampai F12 tapi tetap tidak mau respon Toshibanya, ada sampe tombol F100 kah.....???" waaaahhh dengan logat Papuanya yang kental banget.
Karena penasaran dengan kasus yang dialami oleh Toshiba Sattelite L640 punya Anto Papua, makanya langsung saya SMS. "Ya sudah, bawah aja kesini ntar dicek...".  Ternyata benar, segala kombinasi tombol sudah dilakukan (jadi pengen cari tombol F100 tadi jadinya... hehehhehe) tetapi tidak merespon, bahkan sepertinya ini barang ajaib benar.
Setelah minum kopi, dan beberapa kali menghisap marlboro putihku, lalu saya putuskan untuk bertanya kepada yang lebih ahli.. Si Mbah Google... Dan ternyata ehhh ternyata... dapat jawabannya (tapi sama Mbah ga dijawab seperti itu lho, makanya yang ini analisa pribadiku....)

1.  Untuk Laptop Toshiba Satellite L640, pada bios ada menu Advanced, kemudian Boot Speed.  Apabila setingan Boot Speed pada kondisi Fast, maka sampe kiamat tahun 2012 pun menekan tombol F2, yang namanya BIOS itu ga bakalan nongol-nongol (waaahhhh mirip Bang Toyib ya....????).
2.  Untuk masuk ke settingan BIOS, matiin laptopnya (tekan tombol power agak lamaan, jangan diancam pake clurit ga bakal mempan dia)
3.  Tekan dan tahan tombol F2 lalu hidupkan laptop dengan menekan tombol power, nah udah masuk kan?? lalu ubah menu Fast tadi menjadi Normal.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan mari berbagi...

Related Post



20 komentar:

Heber mengatakan...

Mantap BosQ.... Salam Blogger

GensadaBb7.Net mengatakan...

Terima kasih bnyak boss...Infonya amat sangat membantu seeeeekkaaalllliii,,,,hehehehehe..
Salam Blogger...MERDEKA..!!!

yudik denpasar mengatakan...

Mantap bos....bener2 bermanfaat,td ane dpt msalah kyk gini jg...setelah dicoba trik ini...wah....akhirnya bisa masuk bios.....
Thx bos....

Pelangi mengatakan...

Bro maksih banget, ane nemuain masalah yang sama pada laptop boss ane. Sempet pusing jg ngakalinnya. Hampir dimarahin boss gara-gara kasus ini. Thank Happi Blogging

Anonim mengatakan...

terima kasih skali lea... akhirnya masalahku selesai juga, hampir kubongkar buang laptop ini.... hehehehehehehe tengkyuuuuuu...... :)

wahyu mengatakan...

Bos untuk Toshiba Sattelite c650 bagaimana...?
ane jg dapet kasus yang sama cuma tidak bisa tuch yang seperti bos lakukan, apakah pengaruh RAM ....?

ciiko mengatakan...

Mantap boss, terimakasi sgat...sgat membantu kuw ni. Good

Tweeboners mengatakan...

makasiiiiiihhhhhh, semoga Tuhan memberikan segara kebaikan untuk yang post info ini

bahasa arab mengatakan...

Mantap... Makasih Boss.. ini sangat membantu saya.

bahasa arab mengatakan...

mantap.. Terimakasih banyak bos..

~ Acun tak Acun ~ mengatakan...

Terimakasih kk.... Nais Inpoh....
pantesan dr siang sm aq jg pencetin 1 1 ga ada ngaruhnya..hahahaha
beruntung bgt dpt pencerahan dr kk....
TQ TQ TQ

fikz mengatakan...

Hehehe hampir saja putus asa pengen aq jual L640 ku lanteran Bios nx yg gak ada,stelah buka sana,buka sini,wh ktemu solusi x disini, thanks bgt ya atas share x...

emha ainunnajib sastramiharja mengatakan...

tak tumbasno kopi brooooooo,monggooooooooo
matur suwon

emha ainunnajib sastramiharja mengatakan...

matur suwooooon. ayo ngopi kang!

CenturyNET mengatakan...

suwun derek, tuwas mumet sak jam gak nemu.

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat...
mau tanya nih ttg laptop toshiba juga..


waktu beli dulu pertama kita tekan tombol Fn muncul di layar monitor laptop toshiba satelit itu ikon2 dari shorcut FN+F1 sampai F12... tapi sekarang gak muncul lagi karna ada pernah seting msconfig mungkin jd gak mucul...

Adakah cara yang aanda tau supaya bisa muncul lagi... padahal semua starup dan service di msconfig dah di enable semua tapi ttp gak mucul gimana ya? tolong

terimakasih sebelumnya....

Anonim mengatakan...

Thanks kutemukan jawabannya

roel mengatakan...

bos mau tanya dong. kasus gw mirip, cuma sampe tulisan toshiba doang gk bisa masuk ke dos. gw coba pencet f2 lama baru power tapi kok gk ngaruh apa2 ya bos? masih ttp aja di tulisan toshiba doang gtu.. mohon pencerahan gan..

roel mengatakan...

bos kasus gw mirip kasus lu. tapi gw coba lakuin yg lu suruh gk ngaruh apa apa ya gan? jadi tetep diem di tulisan toshiba doang gtu. knp ya?

Anonim mengatakan...

emang keren nih trik nya hampir mau gw banting nih laptop haha, thank's bos