Minggu, 07 Februari 2010

Teknik Hacking Akun Pesbuk

Ilustrasi :
Yojo kaget ketika pagi harinya dia tak bisa lagi login ke FB, FB selalu menolak akun dan pasword yg dia masukkan, padahal dia tak pernah merasa merubah pasword FBnya. La Baco Lebih kaget lagi....., Sherly memutuskan cinta karena merasa La Baco selalu mengkomen statusnya dengan kata2 yg tak mengenakkan hati, padahal untuk mendapatkan Sherly, La Baco harus puasa 7 hari 7 malam di Lembah Kharisma dan gunung Sesean, hohohohohoooo.


Tujuan hacking akun FB adalah kegiatan atau cara yang untuk mendapatkan email dan password dari sebuah account di facebook.

Teknik yg digunakan :
1. Teknik Keylogger
Aplikasi ini ditanam (diinstal) pada komputer korban. Aplikasi ini berfungsi untuk merekam penekanan pada tombol keybord, dan hasilnya disimpan dalam bentuk file log (notepad), bahkan ada ya secara periodik, mengirimkannya ke email ya sudah ditentukan.
Program ini berjalan invisible (kerja di belakang layar) tidak akan kelihatan. Jadi berhati2lah saat login facebook di warnet atau komputer orang. Kalo pake komputer sendiri sih ga masalah, heheheeee…

Pencegahan :
* Pastikan komputer yang digunakan memiliki antivirus yg terupdate, karena keylogger akan terdeteksi sebagai virus.
* Sebelum login coba periksa program apa saja yang sedang running, dengan menggunakan Task Manager (Crtl +Alt + Del). Tapi pada umunya fitur di disable kalo di warnet. Jadi anda bisa juga menggunakan “Autologics Task Manager portabel”. Untuk melihat service yang sedang aktif, klik pada tab service. Dengan program cara ini kita dapat melihat program apa saja yang sedang run/berjalan/aktif di komputer ya digunakan. Perhatikan apakah ada program yang ada keylogger atau tidak.
* Menggunakan visual keyboard. seperti On Screen Keyboard (start – run – ketikkan osk dan enter)
* Menggunakan software Anti keylogger

2. Teknik Fake Login
Fake login bisa diartikan sebagai sebuah halaman login bohongan/palsu. Artinya halaman login ini dibuat sama persis dengan halaman login asli. Namun ada yang membedakannya yaitu alamat URL dibagian atas. Untuk halaman FB ya asli adalah http://www.facebook.com.
Cara kerjanya pun hampir sama, yaitu merekam data login yang terinput.

Pencegahan :
* Jangan langsung melakukan login di halaman facebook. Perhatikan alamat URL apakah benar-benar facebook.com atau yang lainnya. Ya pasti harus hati-hati.
* Jika melakukan login ke halaman facebook, namun tidak masuk ke halaman home tetapi dia minta login lagi tapi buka peringatan salah id atau password berarti itu halaman fake login.
* Jika sudah terlanjur terkena fake login? Segera buka http://www.facebook.com kemudian ganti password sebelum didahului sang hacker.
* Usahakan anda tidak menyamakan antara password login FB dengan password email. Jika password FB dan email sama, kemudian facebook terlanjur terkena fake login, otomatis si hacker juga bisa login ke email anda dan kemudian melakukan apa yang dia mau. Sedangkan jika password antara FB dan email berbeda, kemudian FB anda terkena hack kita dapat melakukan forgot password. heheheee

3. Teknik Cain n Abel
Menggunakan software cain dan abel. Prinsip kerjanya adalah mensnifing atau menangkap email dan password yang berada pada suatu jaringan LAN.

Pencegahan :
Maaf g bisa... kecuali tidak melakukan aktivitas login dari komputer yang terLAN (warnet, komputer kampus, kantor, dll)

4. Pasword Exporter 1.1
Aplikasi ini digunakan pada browser mozilla, untuk mengekspor pasword yang terekam di browser mozilla karena kesalahan user.
Pada browser mozilla, Biasaya saat kita memasukkan pasword, mozilla akan menanyakan, apakah mozilla akan mengingat atau mengabaikannya.

Pencegahan :
Jangan menekan /memerintahkan mozilla untuk mengingat pasword, jika menggunakan komputer publik (warnet, kantor, kampus, dll)

5. Teknik Minta
Minta pasord dan akun pada target ato korban

Pencegahan :
Jgn pernah memberitaukan akun dan password anda.

Kesimpulan :
Dalam dunia jaringan, tidak ada yang benar2 aman. Jika ada yang aman, hmmm.......
Selalu berhati2lah dalam menggunakan komputer umum (warnet, kantor,dll). Pastikan untuk tidak melakukan kesalahan.

Untuk yang lebih aman, gunakan perangkat komputer pribadi...

Related Post



Tidak ada komentar: